SILABUS
Dosen Pengasuh : Samsul Bahri, M.Ag.
Asisten :
Mata Kuliah : Majaz al-Qur’an
Kode Mata Kuliah : UTH -702
Fakultas : Ushuluddin
Jurusan : UTH
Program : S1
Bobot : 2 SKS
__________________________________________________________________
Topik Inti:
- Pengertian Majaz & Majaz Al-Quran
- Perbedaan Pendapat Para Ahli tentang Keberadaan Majaz dalam Al-Qur’an
- Tokoh dan Karya tentang Majaz Al-Qur’an
- Pembagian Majaz Al-Qur’an
- Majaz fi al-Tarkib atau Majaz Isnad atau Majaz ‘Aqli dalam Al-Qur’an
- Macam-macam Majaz fi al-Tarkib dalam Al-Qur’an
- Majaz Mufrad atau Majaz Lughawi dalam Al-Qur’an
- Macam-macam Majaz Mufrad dalam Al-Qur’an
- Majaz Mufrad: Hazaf dan Ziyadah serta contohnya dalam Al-Qur’an
- Majaz Mufrad: Ithlaq al-Kulli ‘ala al-Juz’i dan Ithlaq al-Juz’i ‘ala al-Kulli serta contohnya dalam Al-Qur’an
- Majaz Mufrad: Ithlaq al-‘Am ‘ala al-Khash dan Ithlaq al-Khash ‘ala al-‘Am
- Majaz Mufrad: Ithlaq al-al-Lazim ‘ala al-Malzum dan Ithlaq al-Malzum ‘ala al-Lazim
- Majaz Mufrad: Ithlaq al-Musabbab ‘ala al-Sabab dan Ithlaq al-Sabab ‘ala al-Musabbab
- Majaz Mufrad: Ithlaq Ism al-Hal ‘ala al-Mahal dan Ithlaq Ism al-Mahal ‘ala al-Hal
- Majaz Mufrad: Tasmiyatu al-Syay’i bi Ismi Ma Kana wa Ma Lam Yakun
- Majaz Mufrad: Tasmiyatu al-Syay’i bi Ismi Alatihi dan Majaz Mufrad: Tasmiyatu al-Syay’i bi Ismi Dhiddihi
SATUAN ACARA PERKULIAHAN (SAP)
Dosen Pengasuh : Samsul Bahri, M.Ag.
Asisten :
Mata Kuliah : Majaz Al-Qur’an
Kode Mata Kuliah : UTH -702
Fakultas : Ushuluddin
Jurusan :
UTH
Program :
S1
Bobot :
2 SKS
__________________________________________________________________
A. DESKRIPSI
Mata
kuliah Majaz al-Qur’an
ditujukan untuk memberikan pemahaman kepada mahasiswa tentang pengertian majaz al-Qur’an, pro-kontra tentang
keberadaan majaz dalam al-Qur’an, pembagiannya secara umum
dan penggunaannya dalam al-Qur’an.
B. TUJUAN UMUM
Agar mahasiswa dapat memahami pengertian majaz al-Qur’an,
pro-kontra tentang keberadaan majaz dalam al-Qur’an, pembagiannya secara umum
dan penggunaannya dalam al-Qur’an
serta mampu melacak dan menjelaskan keberadaan majaz dalam al-Qur’an dalam
beragam model dan kategorinya.
C. MATERI PERENCANAAN KULIAH PERKEMBANGAN MAJAZ AL-QUR’AN
Kul. Ke
|
Tujuan Pembelajaran Khusus
|
Topik/Sub Topik
|
Metode
|
Sumber Bahan
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
I
|
· Mhs.dapat memahami kontrak akademik perkuliahan
· Mhs. Mampu mengetahui arah dan ruang lingkup mata kuliah Majazul Qur’an
|
· Pengantar
dan Orientasi
Perkuliahan
|
· Ceramah
· Diskusi
· Tanya jawab
|
· Pengantar SAP SILABI
|
II
|
· Mhs. mampu
menjelaskan pengertian majaz
· Mhs.
mampu memahami majaz secara etimologis dan terminologis
|
· Pengertian
Majaz
· Majaz menurut
etimologis
· Majaz menurut
terminologis serta contohnya
|
· Ceramah
· Diskusi
· Tanya jawab
|
·
Jalaluluddin al-Suyuthi, al-Itqan
fi Ulumil Qur’an
· M.
Quraish Shihab, Mu’jizat al-Qur’an
|
III
|
· Mhs.
mampu memahami
perbedaan pendapat para ahli tentang keberadaan majaz dalam al-Qur’an dengan
argumentasi yang memadai
|
·
Perbedaan Pendapat Para Ahli tentang Keberadaan
Majaz dalam Al-Qur’an
· Analisis
Argumentasi
|
· Ceramah
· Diskusi
·
Tanya jawab
|
·
Jalaluluddin al-Suyuthi, al-Itqan
fi Ulumil Qur’an
· M.
Quraish Shihab, Mu’jizat al-Qur’an
|
IV
|
· Mhs. mampu
menjelaskan tokoh/para
ahli dalam bidang Majaz al-Qur’an
· Mhs. mampu
menjelaskan karyaapara
ahli dalam bidang Majaz al-Qur’an
|
·
Tokoh dan Karya tentang Majaz Al-Qur’an
|
· Ceramah
· Diskusi
·
Tanya jawab
|
·
Jalaluluddin al-Suyuthi, al-Itqan
fi Ulumil Qur’an
· M.
Quraish Shihab, Mu’jizat al-Qur’an
|
V
|
· Mhs.
mampu menjelaskan macam-macam majaz
· Mhs.
mampu menyebutkan dan menerangkan majaz tersebut dengan contoh
|
· Pembagian
Majaz Al-Qur’an
|
· Ceramah
· Diskusi
·
Tanya jawab
|
·
Jalaluluddin al-Suyuthi, al-Itqan
fi Ulumil Qur’an
· M.
Quraish Shihab, Mu’jizat al-Qur’an
|
VI
|
· Mhs. mampu
menjelaskan Majaz
fi al-Tarkib secara mendetail
· Mahasiswa
dapat menemukan serta menjelaskan ayat-ayat al-Qur’an yang terkait dengan
Majaz fi al-Tarkib
|
· Majaz fi
al-Tarkib atau Majaz Isnad dalam Al-Qur’an
|
· Penugasan
· Diskusi
·
Tanya jawab
|
·
Jalaluluddin al-Suyuthi, al-Itqan
fi Ulumil Qur’an
· M.
Quraish Shihab, Mu’jizat al-Qur’an
|
VII
|
· Mhs. mampu
menjelaskan Macam-macam
Majaz fi al-tarkib atau Majaz Isnad
· Mahasiswa
dapat menemukan serta menjelaskan ayat-ayat al-Qur’an yang terkait dengan
Majaz fi al-Tarkib
|
·
Macam-macam Majaz fi al-Tarkib atau Majaz Isnad dalam
Al-Qur’an
|
· Penugasan
· Ceramah
· Diskusi
·
Tanya jawab
·
Penugasan
|
·
Jalaluluddin al-Suyuthi, al-Itqan
fi Ulumil Qur’an
· M.
Quraish Shihab, Mu’jizat al-Qur’an
|
VIII
|
· Mhs. mampu
menjelaskan Majaz
Mufrad atau Majaz Lughawi
· Mahasiswa
dapat menemukan serta menjelaskan ayat-ayat al-Qur’an yang terkait dengan
Majaz Mufrad
|
· Majaz
Mufrad atau Majaz Lughawi dalam Al-Qur’an
|
· Penugasan
· Ceramah
· Diskusi
·
Tanya jawab
|
·
Jalaluluddin al-Suyuthi, al-Itqan
fi Ulumil Qur’an
· M.
Quraish Shihab, Mu’jizat al-Qur’an
|
IX
|
Midterm Test
|
Materi I s/d VIII
|
Tes tertulis
|
|
X
|
· Mhs. mampu
menjelaskan Macam-macam
Majaz Mufrad
· Mahasiswa
dapat menemukan serta menjelaskan ayat-ayat al-Qur’an yang terkait dengan
Majaz Mufrad
|
· Macam-macam
Majaz Mufrad dalam Al-Qur’an
|
· Penugasan
· Ceramah
· Diskusi
·
Tanya jawab
|
·
Jalaluluddin al-Suyuthi, al-Itqan
fi Ulumil Qur’an
· M.
Quraish Shihab, Mu’jizat al-Qur’an
|
XI
|
· Mhs. mampu
menjelaskan tentang
Hazaf dan Ziyadah; Ithlaq al-Kulli ‘ala al-Juz’i dan Ithlaq
al-Juz’i ‘ala al-Kulli
· Mahasiswa
dapat menemukan serta menjelaskan ayat-ayat al-Qur’an yang terkait dengan Hazaf
dan Ziyadah; Ithlaq al-Kulli ‘ala al-Juz’i dan Ithlaq al-Juz’i
‘ala al-Kulli
|
· Majaz
Mufrad: Hazaf dan Ziyadah serta contohnya dalam Al-Qur’an
· Majaz
Mufrad: Ithlaq al-Kulli ‘ala al-Juz’i dan Ithlaq al-Juz’i ‘ala
al-Kulli serta contohnya dalam Al-Qur’an
|
· Penugasan
· Ceramah
· Diskusi
·
Tanya jawab
·
Tadarus al-Qur’an
|
·
Jalaluluddin al-Suyuthi, al-Itqan
fi Ulumil Qur’an
· M.
Quraish Shihab, Mu’jizat al-Qur’an
|
XII
|
· Mhs. mampu
menjelaskan Ithlaq
al-‘Am ‘ala al-Khash dan Ithlaq al-Khash ‘ala al-‘Am; Ithlaq al-al-Lazim ‘ala al-Malzum dan
Ithlaq al-Malzum ‘ala al-Lazim
· Mahasiswa
dapat menemukan serta menjelaskan ayat-ayat al-Qur’an yang terkait dengan Ithlaq
al-‘Am ‘ala al-Khash dan Ithlaq al-Khash ‘ala al-‘Am; Ithlaq al-al-Lazim ‘ala al-Malzum dan
Ithlaq al-Malzum ‘ala al-Lazim
|
·
Majaz Mufrad: Ithlaq al-‘Am ‘ala al-Khash dan
Ithlaq al-Khash ‘ala al-‘Am
·
Majaz Mufrad: Ithlaq al-al-Lazim ‘ala
al-Malzum dan Ithlaq al-Malzum ‘ala al-Lazim
|
· Penugasan
· Ceramah
· Diskusi
·
Tanya jawab
·
Tadarus al-Qur’an
|
·
Jalaluluddin al-Suyuthi, al-Itqan
fi Ulumil Qur’an
· M.
Quraish Shihab, Mu’jizat al-Qur’an
|
XIII
|
·
Mhs. mampu menjelaskan Ithlaq al-Musabbab ‘ala
al-Sabab dan Ithlaq
al-Sabab ‘ala al-Musabbab; Ithlaq Ism al-Hal ‘ala al-Mahal dan Ithlaq
Ism al-Mahal ‘ala al-Hal
·
Mahasiswa dapat menemukan serta menjelaskan
ayat-ayat al-Qur’an yang terkait dengan Ithlaq al-Musabbab ‘ala al-Sabab dan
Ithlaq al-Sabab ‘ala al-Musabbab; Ithlaq Ism al-Hal ‘ala al-Mahal dan
Ithlaq Ism al-Mahal ‘ala al-Hal
|
·
Majaz Mufrad: Ithlaq al-Musabbab ‘ala
al-Sabab dan Ithlaq al-Sabab ‘ala al-Musabbab
·
Majaz Mufrad: Ithlaq Ism al-Hal ‘ala al-Mahal
dan Ithlaq Ism al-Mahal ‘ala al-Hal
|
· Penugasan
· Ceramah
· Diskusi
·
Tanya jawab
·
Tadarus al-Qur’an
|
·
Jalaluluddin al-Suyuthi, al-Itqan
fi Ulumil Qur’an
· M.
Quraish Shihab, Mu’jizat al-Qur’an
|
XIV
|
·
Mhs. mampu menjelaskan Tasmiyatu al-Syay’i bi Ismi Ma
Kana dan Tasmiyatu
al-Syay’i bi Ismi Ma Lam Yakun
· Mahasiswa
dapat menemukan serta menjelaskan ayat-ayat al-Qur’an yang terkait dengan Tasmiyatu
al-Syay’i bi Ismi Ma Kana dan Tasmiyatu al-Syay’i bi Ismi Ma Lam Yakun
|
· Majaz
Mufrad: Tasmiyatu al-Syay’i bi Ismi Ma Kana
·
Tasmiyatu al-Syay’i bi
Ismi Ma Lam Yakun
|
· Penugasan
· Ceramah
· Diskusi
·
Tanya jawab
·
Tadarus al-Qur’an
|
·
Jalaluluddin al-Suyuthi, al-Itqan
fi Ulumil Qur’an
· M.
Quraish Shihab, Mu’jizat al-Qur’an
|
XV
|
·
Mhs. Dapat menjelaskan Tasmiyatu
al-Syay’i bi Ismi Alatihi dan Tasmiyatu
al-Syay’i bi Ismi Dhiddihi
· Mahasiswa
dapat menemukan serta menjelaskan ayat-ayat al-Qur’an yang terkait dengan Tasmiyatu
al-Syay’i bi Ismi Alatihi dan Tasmiyatu
al-Syay’i bi Ismi Dhiddihi
|
· Majaz
Mufrad: Tasmiyatu al-Syay’i bi Ismi Alatihi
·
Majaz Mufrad: Tasmiyatu al-Syay’i bi Ismi
Dhiddihi
|
· Penugasan
· Ceramah
· Diskusi
·
Tanya jawab
·
Tadarus al-Qur’an
|
·
Jalaluluddin al-Suyuthi, al-Itqan
fi Ulumil Qur’an
· M.
Quraish Shihab, Mu’jizat al-Qur’an
|
XVI
|
· Untuk dapat mengetahui tingkat pengetahuan dan
pemahaman mahasiswa terhadap materi-materi yang telah disajikan
|
Evaluasi Perkuliahan
|
· Tanya jawab
· Ujian tulis
|
Bahan yang sudah
diberikan
|
D. PROGRAM KEGIATAN
- Menyiapkan materi pembelajaran yang akan disajikan
- Menjelaskan sistem dan tujuan perkuliahan.
- Mengadakan pre-test/tanya jawab untuk mengetahui pengetahuan mahasiswa tentang Ilmu Majazul Qur’an
- Menyajikan dan menjelaskan materi pembelajaran
- Memberikan tugas-tugas yang sesuai dengan pokok bahasan
- Membuat ikhtisar materi perkuliahan
- mengadakan post test dan evaluasi umum terhadap seluruh materi Majaz al-Qur’an
E. REFERENSI
·
Buku
Wajib
1.
Jalaluluddin al-Suyuthi, al-Itqan fi Ulumul
Qur’an
2.
M. Quraish Shihab, Mu’jizat al-Qur’an
·
Buku anjuran
1. Abdullah ibn Muslim
ibn Qutaibah, Ta’wil al-Musykil li al-Qur’an
2. Al-Sayid Ahmad
al-Hasyimi, Jawahir al-Balaghah fi al-Ma’aniy wal- bayan wal Badi’
Tidak ada komentar:
Posting Komentar