SILABUS
Dosen Pengasuh : Samsul Bahri, M.Ag.
Asisten :
Mata Kuliah : Ulumul Qur’an III
Kode Mata Kuliah : UKQ -5805
Fakultas : Ushuluddin
Jurusan : UTH
Program : S1
Bobot : 2 SKS
__________________________________________________________________
Topik Inti:
- Spesifikasi Ulumul Qur’an III
- Muhkam dan Mutasyabih dalam Al-Qur’an
- Makki dan Madani
- Mukjizat Al-Qur’an
- Aqsam Al-Qur’an
- Amtsal Al-Qur’an
- Jadal Al-Qur’an
- Qashas Al-Qur’an
- Munasabah Al-Qur’an
- Nasikh dan Mansukh dalam Al-Qur’an
- Al-Qur’an Turun dalam Tujuh Huruf
- Fawatih al-Suwar
- Tafsir Al-Qur’an
- Terjemah Al-Qur’an
SATUAN ACARA PERKULIAHAN (SAP)
Dosen Pengasuh : Samsul Bahri, M.Ag.
Asisten :
Mata Kuliah : Ulumul Qur’an III
Kode Mata Kuliah : UKQ -5805
Fakultas : Ushuluddin
Jurusan : UTH
Program : S1
Bobot : 2 SKS
__________________________________________________________________
A. DESKRIPSI
Mata
kuliah Ulumul Qur’an III ditujukan untuk
memberikan pemahaman yang lebih rinci dan mendalam kepada mahasiswa
tentang aspek-aspek tertentu dari
Ulumul Qur’an yang bersifat mendasar dan tersajikan dalam semua karya dari
bidang ilmu ini. Kedudukan aspek-aspek tersebut sebagai bagian dari Ulumul
Qur’an disepakati para ahli meskipun penjelasan tentangnya cukup beragam. Secara
umum materi pembelajaran Ulumul Qur’an III merupakan pengulangan dari materi
Ulumul Qur’an komponen MKU, namun diajarkan secara rinci dan mendalam.
B. TUJUAN UMUM
Agar mahasiswa dapat memahami aspek-aspek
tertentu dari Ulumul Qur’an yang bersifat mendasar dan tersajikan dalam semua
karya dari bidang ilmu ini. Aspek-aspek tersebut meliputi Muhkam dan Mutasyabih
dalam Al-Qur’an, Makki dan Madani, Mukjizat Al-Qur’an, Aqsam Al-Qur’an, Amtsal Al-Qur’an, Jadal Al-Qur’an,Qashas Al-Qur’an,
Munasabah Al-Qur’an, Nasikh dan Mansukh dalam Al-Qur’an, Al-Qur’an Turun dalam
Tujuh Huruf, Fawatih al-Suwar, Tafsir Al-Qur’an, dan Terjemah Al-Qur’an
C. MATERI PERENCANAAN KULIAH PERKEMBANGAN ULUMUL -QUR’AN III
Kul. Ke
|
Tujuan Pembelajaran Khusus
|
Topik/Sub Topik
|
Metode
|
Sumber Bahan
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
I
|
·
Mhs.dapat memahami kontrak
akademik perkuliahan
·
Mhs. mampu mengetahui arah dan ruang lingkup
mata kuliah Ulumul Qur’an
|
· Pengantar
dan Orientasi
Perkuliahan
|
· Ceramah
· Diskusi
· Tanya jawab
|
· Pengantar SAP SILABI
|
II
|
·
Mhs. mampu menjelaskan pengertian Muhkam dan
Mutasyabih
·
Mhs. mampu mengenali ragam
pendapat Ulama tentang Muhkam dan Mutasyabih serta argumen masing-masing
|
Muhkam
dan Mutasyabih dalam Al-Qur’an
· Pengertian
Muhkam dan Mutasyabih
· Perbedaan
Pendapat Ulama tentang Muhkam dan Mutasyabih
|
· Penugasan
· Ceramah
· Diskusi
· Tanya jawab
|
· Manna’ Khalil
al-Qaththan, Mabahits fi ‘Ulum al-Qur’an
·
Al-Suyuthi, al-Itqan fi ‘Ulum al-Qur’an.
· Al-Zarkasyi, al-Burhan
fi ‘Ulum al-Qur’an.
|
III
|
·
Mhs. mampu menjelaskan pengertian Makki dan Madani
·
Mhs. mampu mengenali ragam
pendapat Ulama tentang Makki dan Madani serta argumen masing-masing
|
Makki dan Madani
·
Pengertian
·
Ruang Lingkup
·
Perbedaan Pendapat Ulama
tentang Makki dan Madani
|
· Penugasan
· Ceramah
· Diskusi
· Tanya jawab
|
· Manna’ Khalil
al-Qaththan, Mabahits fi ‘Ulum al-Qur’an
·
Al-Suyuthi, al-Itqan fi ‘Ulum al-Qur’an.
·
Al-Zarkasyi, al-Burhan fi ‘Ulum al-Qur’an.
|
IV
|
·
Mhs. mampu memahami pengertian Mukjizat, ruang lingkup dan
aspek-aspeknya
·
Mhs. mampu memahami perbedaan pendapat para
ahli tentang Mukjizat
Al-Qur’an dengan
argumentasi yang memadai
|
Mukjizat
Al-Qur’an
·
Pengertian
·
Ruang Lingkup
·
Aspek-aspek I’jaz
·
Perbedaan Pendapat Ulama
tentang Kemukjizatan Al-Qur’an
|
· Penugasan
· Ceramah
· Diskusi
· Tanya jawab
|
· Muhammad Mutawalli, Mu’jizat
al-Qur’an.
· Manna’ Khalil
al-Qaththan, Mabahits fi ‘Ulum al-Qur’an
· Al-Suyuthi, al-Itqan
fi ‘Ulum al-Qur’an.
|
V
|
·
Mhs. mampu menjelaskan Aqsam Al-Qur’an yang mencakup Pengertian, Ruang Lingkup, dan
Unsur-unsur Qasam
·
Mhs. mampu menelusuri serta menjelaskan ayat-ayat al-Qur’an yang
terkait dengan Aqsam al-Qur’an
|
Aqsam
Al-Qur’an
·
Pengertian
·
Ruang Lingkup
·
Unsur-unsur Qasam
|
· Penugasan
· Ceramah
· Diskusi
· Tanya jawab
· Tadarus Al-Qur’an
|
· Manna’ Khalil
al-Qaththan, Mabahits fi ‘Ulum al-Qur’an
·
Al-Suyuthi, al-Itqan fi ‘Ulum al-Qur’an.
· Al-Zarkasyi, al-Burhan
fi ‘Ulum al-Qur’an.
|
VI
|
· Mhs.
mampu menjelaskan Pengertian, Ruang Lingkup,dan Pembagian Amtsal Al-Qur’an
·
Mhs. mampu menelusuri serta menjelaskan ayat-ayat al-Qur’an yang
terkait dengan Amtsal
Al-Qur’an
|
Amtsal
Al-Qur’an
· Pengertian
· Ruang
Lingkup
· Pembagian Amtsal Al-Qur’an
|
· Penugasan
· Ceramah
· Diskusi
· Tanya jawab
· Tadarus Al-Qur’an
|
· Manna’ Khalil
al-Qaththan, Mabahits fi ‘Ulum al-Qur’an
·
Al-Suyuthi, al-Itqan fi ‘Ulum al-Qur’an.
· Al-Zarkasyi, al-Burhan
fi ‘Ulum al-Qur’an.
|
VII
|
·
Mhs. mampu menjelaskan Jadal Al-Qur’an mencakup Pengertian, Ruang Lingkup, dan Pembagian Jadal Al-Qur’an
·
Mahasiswa dapat menemukan serta menjelaskan
ayat-ayat al-Qur’an yang terkait dengan Jadal al-Qur’an
|
Jadal
Al-Qur’an
· Pengertian
· Ruang
Lingkup
· Pembagian Jadal Al-Qur’an
|
· Penugasan
· Diskusi
· Tanya jawab
· Tadarus Al-Qur’an
|
· Manna’ Khalil
al-Qaththan, Mabahits fi ‘Ulum al-Qur’an
·
Al-Suyuthi, al-Itqan fi ‘Ulum al-Qur’an.
· Al-Zarkasyi, al-Burhan
fi ‘Ulum al-Qur’an.
|
VIII
|
· Mhs. mampu
menjelaskan Qashas
Al-Qur’an yang mencakup Pengertian, Ruang
Lingkup, Teori dan Manfaat Qashash Al-Qur’an
·
Mahasiswa dapat menemukan serta menjelaskan
ayat-ayat al-Qur’an yang terkait dengan Qashash Al-Qur’an
|
Qashas
Al-Qur’an
· Pengertian
· Ruang
Lingkup
· Teori
Qashash Al-Qur’an
· Manfaat
Qashash Al-Qur’an
|
· Penugasan
· Ceramah
· Diskusi
· Tanya jawab
|
· Manna’ Khalil
al-Qaththan, Mabahits fi ‘Ulum al-Qur’an
·
Al-Suyuthi, al-Itqan fi ‘Ulum al-Qur’an.
· Al-Zarkasyi, al-Burhan
fi ‘Ulum al-Qur’an.
|
IX
|
·
Mhs. mampu menjelaskan Munasabah Al-Qur’an yang mencakup Pengertian, Ruang Lingkup,
Teori dan Perbedaan Pendapat Ulama tentang Munasabah Al-Qur’an
·
Mahasiswa dapat menemukan serta menjelaskan munasabah antar ayat, antar surah dan
munasabah tematik dalam al-Qur’an
|
Munasabah Al-Qur’an
·
Pengertian
·
Ruang Lingkup
·
Kategori
·
Teori dan Perbedaan Pendapat Ulama
|
· Penugasan
· Ceramah
· Diskusi
· Tanya jawab
|
· Manna’ Khalil
al-Qaththan, Mabahits fi ‘Ulum al-Qur’an
·
Al-Suyuthi, al-Itqan fi ‘Ulum al-Qur’an.
· Al-Zarkasyi, al-Burhan
fi ‘Ulum al-Qur’an.
|
X
|
· Midterm Test
|
Materi I s/d VIII
|
TTes tertulis
|
|
XI
|
·
Mhs. mampu
menjelaskan Nasikh
dan Mansukh dalam Al-Qur’an
yang mencakup Pengertian, Ruang Lingkup, Kategori, Teori dan Perbedaan
Pendapat Ulama
·
Mahasiswa dapat menemukan serta menjelaskan
ayat-ayat al-Qur’an yang dipandang
sebagai nasikh dan ayat al-Qur’an yang dianggap sebagai mansukh
|
Nasikh
dan Mansukh dalam Al-Qur’an
·
Pengertian
·
Ruang Lingkup
·
Kategori
·
Teori dan Perbedaan Pendapat Ulama
|
· Penugasan
· Ceramah
· Diskusi
· Tanya jawab
|
· Manna’ Khalil
al-Qaththan, Mabahits fi ‘Ulum al-Qur’an
·
Al-Suyuthi, al-Itqan fi ‘Ulum al-Qur’an.
· Al-Zarkasyi, al-Burhan
fi ‘Ulum al-Qur’an.
|
XII
|
·
Mhs. mampu menjelaskan tentang Al-Qur’an Turun dalam
Tujuh Huruf yang mencakup
Pengertian, Ruang Lingkup, Kategori, Teori dan Perbedaan Pendapat Ulama
|
Al-Qur’an
Turun dalam Tujuh Huruf
·
Pengertian
·
Ruang Lingkup
·
Kategori
·
Teori dan Perbedaan Pendapat Ulama
|
· Penugasan
· Ceramah
· Diskusi
· Tanya jawab
· Tadarus
al-Qur’an
|
· Manna’ Khalil
al-Qaththan, Mabahits fi ‘Ulum al-Qur’an
·
Al-Suyuthi, al-Itqan fi ‘Ulum al-Qur’an.
· Al-Zarkasyi, al-Burhan
fi ‘Ulum al-Qur’an.
|
XIII
|
·
Mhs. mampu menjelaskan tentang Fawatih al-Suwar yang mencakup Pengertian,
Ruang Lingkup, dan Kategorinya
·
Mahasiswa dapat menemukan serta menjelaskan
ayat-ayat al-Qur’an yang berkenaan dengan Fawatih Suwar dengam beragam
kategorinya
|
Fawatih al-Suwar
·
Pengertian
·
Ruang Lingkup
·
Kategori
|
· Penugasan
· Ceramah
· Diskusi
· Tanya jawab
· Tadarus
al-Qur’an
|
· Manna’ Khalil
al-Qaththan, Mabahits fi ‘Ulum al-Qur’an
·
Al-Suyuthi, al-Itqan fi ‘Ulum al-Qur’an.
·
Al-Zarkasyi, al-Burhan fi ‘Ulum al-Qur’an.
|
XIV
|
·
Mhs. mampu menjelaskan Tafsir Al-Qur’an yang mencakup Pengertian dan Sejarah,
Ruang Lingkup, Kategori, Teori dan Perbedaan Pendapat Ulama tentang Tafsir
Al-Qur’an
·
Mahasiswa dalam batas-batas tertentu mampu
menafsirkan ayat-ayat al-Qur’an secara mandiri
|
Tafsir
Al-Qur’an
·
Pengertian dan Sejarah
·
Ruang Lingkup
·
Kategori
·
Teori dan Perbedaan Pendapat Ulama
|
· Penugasan
· Ceramah
· Diskusi
· Tanya jawab
· Tadarus
al-Qur’an
|
· Manna’ Khalil
al-Qaththan, Mabahits fi ‘Ulum al-Qur’an
·
Al-Suyuthi, al-Itqan fi ‘Ulum al-Qur’an.
· Al-Zarkasyi, al-Burhan
fi ‘Ulum al-Qur’an.
|
XV
|
·
Mhs. mampu menjelaskan Terjemah Al-Qur’an yang mencakup Pengertian dan Sejarah,
Ruang Lingkup, Kategori, Teori dan Perbedaan Pendapat Ulama tentang Terjemah Al-Qur’an
·
Mahasiswa mampu menerjemahkan ayat-ayat al-Qur’an secara
mandiri
|
Terjemah
Al-Qur’an
Pengertian dan Sejarah
·
Ruang Lingkup
·
Kategori
·
Teori dan Perbedaan Pendapat Ulama
|
· Penugasan
· Ceramah
· Diskusi
· Tanya jawab
· Tadarus
al-Qur’an
|
· Manna’ Khalil
al-Qaththan, Mabahits fi ‘Ulum al-Qur’an
·
Al-Suyuthi, al-Itqan fi ‘Ulum al-Qur’an.
· Al-Zarkasyi, al-Burhan
fi ‘Ulum al-Qur’an.
|
XVI
|
·
Untuk dapat
mengetahui tingkat pengetahuan dan pemahaman mahasiswa terhadap
materi-materi yang telah disajikan
|
Evaluasi Perkuliahan
|
· Tanya jawab
· Ujian tulis
|
Bahan yang sudah
diberikan
|
D. PROGRAM KEGIATAN
- Menyiapkan materi pembelajaran yang akan disajikan
- Menjelaskan sistem dan tujuan perkuliahan.
- Mengadakan pre-test/tanya jawab untuk mengetahui pengetahuan mahasiswa tentang Ilmu Ulumul Qur’an
- Menyajikan dan menjelaskan materi pembelajaran
- Memberikan tugas-tugas yang sesuai dengan pokok bahasan
- Membuat ikhtisar materi perkuliahan
- mengadakan post test dan evaluasi umum terhadap seluruh materi Ulumul Qur’an
E. REFERENSI
·
Buku
Wajib
1.
Manna’
Khalil al-Qaththan, Mabahits fi ‘Ulum al-Qur’an
2.
Al-Suyuthi,
al-Itqan fi ‘Ulum al-Qur’an.
3.
Al-Zarkasyi,
al-Burhan fi ‘Ulum al-Qur’an.
·
Buku anjuran
1.
Subhi
al-Shalih, Mabahits fi ‘Ulum al-Qur’an.
2.
Al-Dzahabi,
al-Tafsir wa al-Mufassirun.
3.
Muhammad Mutawalli, Mu’jizat al-Qur’an.
4.
Al-Zarqani, Manahil ‘Irfan fi ‘Ulum
al-Qur’an.
bereeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeh ust
BalasHapus